Sabtu, 21 Juni 2014

Kepahlawanan dan Cinta Tanah Air


1.Pahlawan memiliki sifat-sifat berani, pantang menyerah, rela berkorban, dan mendahulukan kepentingan orang lain. Mereka juga memiliki semangat cinta tanah air atau patriotisme. Mereka pantas dihargai dan diteladani.
2.Rasa cinta kepada tanah air dan semangat patriotisme bisa diwujudkan dengan bermacam- macam cara. Antara lain sebagai berikut.
a.       Sebagai pelajar kita harus bertanggung jawab. Kesempatan yang ada kita gunakan untuk belajar dengan tekun. Selain itu, kita juga harus berbudi pekerti yang baik. Kelak kita akan menjadi orang yang pintar dan berprestasi. Murid berprestasi mengharumkan nama bangsa.
b.      Bangga sebagai bangsa Indonesia. Kebanggaan itu antara lain diwujudkan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Kamu ingat kan, Bahasa Indonesia itu bahasa persatuan. Apakah kamu menggunakan bahasa Indonesia ketika di sekolah?
c.       Mencintai produk-produk dalam negeri. Sekarang ini banyak sekali produk asing. Warga yang cinta tanah air tetap mencintai produk dalam negeri.
3.Bangsa Indonesia memiliki banyak sekali pahlawan bangsa.  Ada macam-macam pahlawan bangsa, antara lain:
a.       Pahlawan Nasional adalah mereka yang berjuang membela bangsa dari kekejaman bangsa penjajah. Bangsa-bangsa yang pernah menjajah bangsa Indonesia adalah Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang. Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun. Jepang menjajah Indonesia selama 3 tahun. Contoh Pahlawan Nasional antarai lain Pangeran Diponegoro (Yogyakarta), Sultan Hasanuddin (Makassar), Sultan Agung (Kerajaan Mataram), Sultan Ageng Tirtayasa (Banten), Sultan Baabullah (Ternate), Patimura (Ambon), Tuanku Imam Bonjol (Sumatera Barat), Sisingamangaraja (Sumatera Utara), Teuku Umar, Cut Nya Dien, Teuku Cik Ditiro (Aceh), Supriyadi (Jawa Tengah), dan sebagainya.
 
b.      Pahlawan Kemerdekaan Nasional Contoh pahlawan kemerdekaan nasional adalah Jenderal Soedirman, Ki Hadjar Dewantara, Dr. Setiabudi, Cipto Mangunkusumo, Ratulangi, Mohammad Husni Thamrin, dan sebagainya.
c.       Pahlawan Revolusi adalah mereka yang gugur pada peristiwa G 30 S/PKI. Yang termasuk Pahlawan Revolusi adalah: Jenderal Ahmad Yani; Mayor Jenderal R. Suprapto; Mayor Jenderal MT Haryono; Mayor Jenderal S. Parman; Brigadir Jenderal D.I. Panjaitan; Brigjen Sutoyo Siswomiharjo; Brigadir jenderal (Anumerta) Katamso; Kolonel (Anumerta) Sugiyono; Letnan Satu Piere A. Tendean
d.      Pahlawan Proklamator adalah adalah tokoh yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Tokoh itu adalah Ir. Sukarno dan Drs. Mohamad Hatta. Mereka meproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Proklamasi dilakukan di Gedung Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.
3.Kita harus menghargai para pahlawan. Penghargaan itu antara lain ditunjukkan dengan cara:
a.       Memakamkan mereka di tempat yang terhormat. Para pahlawan layak dihormati dengan dikuburkan di taman makam pahlawan.
b.      Mengabadikan nama-nama para pahlawan sebagai nama jalan, gedung, dan sebagainya. Coba sebutkan nama-nama jalan di kotamu yang menggunakan nama pahlawan!
c.       Membangun tugu peringatan, monumen, atau patung untuk mengenang dan menghormati jasa mereka.
d.      Berziarah ke taman makam pahlawan. 
 
e.       Memperingati peristiwa-peristiwa penting dalam perjuangan bangsa. Misalnya, memperingati Hari Pahlawan, Hari Kemerdekaan, Hari Kartini, Hari Kebangkitan Nasional, dan lain-lain.
f.       Mengisi kemerdekaan sesuai dengan bidang kita masing-masing. Sebagai pelajar, kita harus belajar secara sungguh-sungguh.
g.      Meneladani semangat kepahlawanan dan patriotisme yang ditunjukkan oleh para pahlawan.
4.Dalam hidup sehari-hari, kita dapat melatih diri supaya memiliki sifat-sifat kepahlawanan dan semangat cinta bangsa. Kita bisa mulainya dengan menghargai para pahlawan bangsa dengan mengingat jasa-jasa mereka. Setelah itu, kita mencotoh beberapa sikap mereka, seperti:
a. Sikap rela berkorban
Bentuk-bentuk perbuatah rela berkorban yang sederhana, antara lain sebagai berikut.
(1)        Menyisihkan uang untuk membantu orang miskin dan yang terkena bencana alam.
(2)        Ikut kegiatan membersihkan got dan jalan di lingkungan.
(3)        Mengunjungi orang sakit.
(4)        Memberi tumpangan atau penginapan bagi orang asing.
b.Bersedia meminta dan memberi maaf
Setiap orang pasti sudah pernah melakukan kesalahan. Kita melakukan kesalahan kepada teman, kepada orang tua, atau kepada saudara- saudara kita. Dengan saling memaafkan akan tercipta kehidupan yang damai di lingkungan masyarakat.
c. Berjiwa besar
Berjiwa besar artinya menerima kemenangan dan kekalahan dengan lapang dada. Kata lainnya adalah sportif. Kita harus berani mengakui orang atau kelompok lain lebih kuat dan pantas menang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar